Beberapa Tempat Makan Gudeg Paling Enak Di Yogyakarta

Rental Mobil Jogja – Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Yogyakarta, terutama untuk wisatawan domestik atau mancanegara !!! apalagi kalau bukan Gudeg. Tapi tahukah anda tempat makan yang menyediakan Gudeg paling enak dan nikmat ? Blog ini mencoba memberikan sedikit referensi untuk anda yang kepengen makan Gudeg enek di Jogja.

tempat makan gudeg enak di jogja

Berikut ini adalah tempat-tempat rekomendasi untuk anda yang ingin menikmati Gudeg Jogja :

Gudeg Yu Djum

Terletak di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem – CT III/22 Yogyakarta, Jam buka : 05.00 – 19.00. Tepat di teras sebuah rumah kayu sederhana, anda akan disambut suara merdu dari seorang penyanyi keroncong. Di Yogyakarta, rumah kayu milik Gudeg Yu Djum ini merupakan sebuah tempat yang cukup terkenal untuk membeli gudeg kering.

Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum ini menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih di lidah ditambah sambal goreng krecek yang bikin panas mulut. Krecek diiris tipis – tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, gudeg ini bisa dinikmati dengan sepiring nasi kukus putih sebagai menu makan siang anda yang seadanya saja.

Gudeg legendaris Yu Djum disajikan di atas piring rotan beralaskan daun pisang. Menu standarnya terdiri dari gudeg kering, sambal goreng krecek, telur pindang, ayam suwir pedas, tahu dan tempe balado, dan opor dada / paha / sayap ayam.

Seporsi gudeg dipatok Rp. 10.000 hingga Rp. 200.000, tergantung paket yang dipilih. Kalau ingin tambahan dada ayam goreng, harganya menjadi sekitar Rp. 30.000 per porsi. Yang paling mahal adalah paket kendil berisi gudeg kering, sambal goreng krecek, dengan lauk – pauk pendamping : 10 telur pindang dan seekor ayam kampung. Gudeg dalam paket kendil ini awet buat oleh – oleh karena tahan hingga tiga hari.

Gudeg Permata Bu Pujo

Berada tepat di Jalan Gajah Mada Kota Jogja, lebih tepatnya ada disudut barat Bioskop Permata. Anda akan menemukan kompleks warung lesehan milik Bu Pujo yang spesial menghidangkan gudeg basah. Bedanya dengan gudeg kering, gudeg basah biasa dihidangkan dengan kuah santan yang kental dan manis agak pedas.

Tidak semanis gudeg kering. Gudeg favorit warga Jogja ini berdiri sejak tahun 1951, ketika Bioskop Permata masih jaya. Pelanggan gudeg Bu Pujo pada awalnya adalah anak – anak muda yang suka menonton bioskop sekarang beralih menjadi penggemar gudeg yang suka keluar malam buat jalan – jalan santai. Saat bisnis bioskop tua tersebut mulai menurun, justru pengunjung warung gudeg tetap ramai.

Pembeli datang silih berganti duduk lesehan di Gudeg Permata Bu Pujo, mulai buka dari pukul 21.00 sampai kuali – kuali berisi gudeg ludes terjual hingga dini hari. Yang istimewa dari gudeg basah ini adalah areh dan sambal kreceknya yang bertabur rawit pedas, rasanya sangat enak. Kalau masih kurang pedas, jangan sungkan untuk minta tambahan rawit.

Soal lauk pendamping gudeg, anda tinggal pilih, mulai dari bacem tahu dan tempe, telur pindang, kepala ayam, sayap, ceker, ati ampela, sampai gending (bagian paha atas). Nah, tertarik untuk berkunjung ke warung makan tersebut di atas yang khusus menyediakan sajian berupa sayur gudeg, anda bisa jalan – jalan keliling kota dengan menyewa mobil dari Mandiri rental lalu berakhir di warung makan ini guna menikmati acara makan malam yang nikmat dan seadanya selama liburan di Kota Jogja.

Demikianlah kami menjelaskan seadanya semoga saja anda merasa tertarik untuk mencicipinya. Sebenarnya masih ada banyak tempat makan Gudeg enak yang dapat anda kunjungi di Jogja. Namun berhubung kesibukan saya merekomendasi 2 tempat yang sudah terkenal enak dalam masakan Gudeg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *